Berita

Art Day Series, Every Child is an Artist


Setiap peserta didik memiliki kreativitas dan keunikannya masing-masing. Mereka bisa mengekspresikan dirinya salah satunya melalui seni. Belajar tidak selalu soal pengetahuan, keterampilan juga dibutuhkan dalam pembelajaran. Salah satu cara yang diusung SD Islam Pembangunan (SDIP) adalah mengadakan “Art Day Series”. Program ini dilakukan oleh seluruh peserta didik SDIP. Kegiatan ini dimulai di kelas 2 pada Jumat (16/2) dengan tema Fun Clay, peserta didik membuat kerajinan tanah liat dimana kegiatan ini berhubungan dengan mata pelajaran Sains yaitu perubahan wujud benda yang dipelajarinya.


Selanjutnya, Pottery Coloring pada Jumat (23/2) yang dilakukan peserta didik kelas 1. Mereka diberikan 1 tembikar dengan berbagai karakter hewan, lalu mereka mewarnai menggunakan cat air. Mereka sangat senang dan antusias dalam mewarnai tembikarnya sesuai dengan kreativitasnya. Kegiatan ini berhubungan dengan mata pelajaran Sains dan SBDP yaitu tentang hewan dan mewarnai.


Lalu, pada Senin (26/2) peserta didik kelas 3 dan 4 menutup rangkaian art series ini dengan membatik. Mereka diberikan pola, lalu membatik sesuai dengan pola yang didapat. Kegiatan ini berhubungan dengan mata pelajaran PKn tentang budaya Indonesia yaitu batik. “Aku deg-degan Ms ngerjainnya, tangan aku gemetaran gitu soalnya panas. Tapi ini seru banget Ms, bangga banget Indonesia punya batik yang motifnya lucu-lucu’. Ujar Myesha, peserta didik kelas 4.


 Semoga dengan adanya kegiatan “Art Day Series” ini dapat bermanfaat bagi para peserta didik. Mulai dari mengembangkan kreativitas, melatih fokus dan disiplin, belajar bertanggung jawab, melatih koordinasi antara mata dan tangan, serta mereka dapat mengekspresikan dirinya melalui seni. [RNF]