Berita

SDIP: Tebarkan Semangat Berzakat, Raih Keberkahan di Bulan Ramadhan


Memasuki bulan Ramadhan, umat muslim merasakan antusias dalam menjalani ibadah-ibadah di bulan penuh rahmat ini. Terdapat lima rukun Islam yang sudah kita semua pelajari; syahadat, shalat, puasa, zakat, dan pergi haji bila mampu. Ada salah satu rukun yang hanya dapat dikerjakan pada bulan Ramadhan, yaitu zakat fitrah. Sesuai perintah Allah, “Ambilah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat tersebut engkau membersihkan dan mensucikan mereka.” (QS. At- Taubah:103). Hal ini terkait dengan profil lulusan SD Islam Pembangunan yang berkarakter; menghasilkan peserta didik yang beriman dan bertakwa, tanggung jawab, dan peduli terhadap sesama dan lingkungan sekitar.


Zakat fitrah adalah salah satu rangkaian acara dalam kegiatan Funsantren SDIP pada Kamis (21/3). Peserta didik SDIP berpartisipasi dalam kegiatan zakat fitrah ini. Mereka membawa uang sebesar Rp50.000 dan belajar praktik secara langsung sebagai muzakki (orang yang membayar zakat) dengan guru sebagai amil (orang yang mengumpulkan zakat). Peserta didik (muzaki) berjabat tangan dengan guru (amil) lalu menyerahkan zakat fitrah. Terlihat antusias para peserta didik, mulai dari melaksanakan niat sampai berdoa. Setelah terkumpul semua, Mr Acep selaku ketua Funsantren, menyetorkan hasil zakat kepada UPZ (Unit Pengumpul Zakat) dari divisi Tabungan Amal Soleh (TAS) Yayasan Syarif Hidayatullah. Zakat fitrah yang sudah terkumpul, akan didistribusikan kepada pihak yang berhak menerimanya.


“Alhamdulillah, praktik zakat fitrah berjalan dengan lancar. Kami berharap, kegiatan ini dapat menjadi pengalaman berharga untuk para peserta didik. Peserta didik mempunyai rasa tanggung jawab untuk menjalankan perintah Allah di bulan penuh berkah ini. Semoga acara seperti ini dapat dilaksanakan secara konsisten agar dapat membentuk karakter peserta didik khususnya di SDIP. Sebarkan kebaikan, Insyaallah kebaikan akan datang kembali.”, ujar Mr Acep. [RNF]