Berita

Workshop Pengembangan Active Learning dan Project Based Learning untuk Guru Hebat SDIP


Peserta didik datang ke sekolah dengan hati yang riang gembira. Mereka dengan semangat datang ke sekolah ingin belajar dan bermain bersama teman-temannya. SD Islam Pembangunan (SDIP) yang mengedepankan kepentingan para peserta didik, dengan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan untuk para generasi emas, guru juga harus ikut belajar bagaimana menciptakan hal tersebut. Peserta didik di SDIP juga membuat projek dua kali dalam satu tahun yang biasa disebut dengan PjBL (Project Based Learning). Sekolahpun mengadakan pelatihan untuk para guru-guru hebat mengenai PjBL dan Active Learning.


Pelatihan ini diadakan selama 2 hari (23-24/2) bersama dengan 2 narasumber hebat dan sangat luar biasa membagikan pengalaman dan ilmunya terkait active learning. Pelatihan pertama, Jumat (23/2) bersama Bapak Ludfiono selaku penulis buku Outstanding Project Based Learning SAI, memberikan ilmu dan pengalamannya dalam membangun 4C (Critical Thinking, Collaboration, Communication, and Creativity) kepada para peserta didik dalam pembelajaran sekaligus projek. Pada kesempatan ini, guru langsung merancang sebuah projek yang nantinya dapat dikembangkan atau dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan peserta didik.


Pelatihan kedua dilanjutkan dengan menghadirkan Bapak Tanenji, M.A., sebagai narasumber, Sabtu (24/2). Pada pelatihan kali ini, para guru dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengerjakan beberapa materi yang diberikan. Guru berdiskusi bersama apa saja yang sudah diberikan kepada peserta didik di dalam kelas, lalu diajarkan banyak sekali metode pembelajaran aktif yang nantinya bisa diadopsi dan dilaksanakan di kelas. Hal ini bertujuan agar para peserta didik merasa senang dan gembira ketika belajar di sekolah.


“MasyaAllah, pelatihan ini memberikan pengalaman yang sangat berharga. Selain menjadi penyegaran untuk para guru, juga tambah banyak ilmu dalam melaksanakan PjBL dan pembelajaran aktif di kelas. Banyak hal-hal baru yang  InsyaAllah  bisa semakin menyempurnakan proses pembelajaran di kelas”, ungkap Ms. Fika guru kelas 2 SDIP.


Semoga dengan pelatihan seperti ini, guru tidak pernah puas dalam menuntut ilmu. Pembelajaran aktif untuk peserta didik, tercipta atas kerja keras para guru hebat yang tidak bosan untuk belajar. Jika peserta didik nyaman dan senang dalam belajar, pelajaran yang mereka dapatkan juga akan jauh lebih bermakna. [RNF]