Berita

Student Led Conferences (SLC) : Menumbuhkan Learning Ownership Peserta Didik SDIP


Peserta didik SDIP mempresentasikan hasil belajarnya kepada orang tua pada 22-23/3 dalam agenda Student-Led Conferences (SLC). Kegiatan ini merupakan salah satu program SDIP yang dilaksanakan dua kali dalam setahun setelah pekan Sumatif Tengah Semester (STS) usai. SLC merupakan bentuk pertanggungjawaban peserta didik dalam menyampaikan laporan hasil belajarnya sendiri kepada orangtua. Tujuannya adalah untuk membangun semangat mandiri dan tanggung jawab, menumbuhkan rasa memiliki (ownership) terhadap proses belajar, melatih memecahkan hambatan dalam belajar, mengasah keterbukaan dalam menerima berbagai saran dan masukan dalam memperbaiki proses belajar, serta mengkomunikasikan hasil belajar kepada orang tua sendiri dalam bentuk presentasi.


 Terdapat dua sosok penting yang berperan dalam mensukseskan kegiatan SLC setiap peserta didik. Dua sosok tersebut adalah guru dan orang tua. Pada saat SLC, guru berperan sebagai mentor yang melatih peserta didik untuk mempersiapkan bahan presentasi, melatih berbicara, dan menemani dalam pembuatan slide materi presentasi. Sementara orang tua berperan sangat penting dengan menjadi pendengar saat peserta didik presentasi, teman diskusi pada sesi tanya jawab dan feedback, motivator yang mengapresiasi setiap proses belajar peserta didik.


Berikut adalah alur SLC di SDIP; orangtua dan peserta didik datang sesuai dengan waktu yang ditentukan dan memasuki ruangan kelas, wali kelas selaku moderator membuka sesi SLC terlebih dahulu, peserta didik memperkenalkan guru kepada orang tua, mempresentasikan hasil belajar, lalu orang tua mengapresiasi dan bertanya terkait presentasi yang dilakukan, terakhir presentasi diakhiri oleh peserta didik. Ms Diwani, salah seorang guru di SDIP mengungkapkan bahwa “SLC ini menjadi momen interaksi hangat antara orang tua dan peserta didik. Peserta didik berhasil melaporkan proses belajar maupun perasaannya selama di sekolah dan menjadi momen kedekatan untuk saling mengapresiasi, memberi motivasi, dan saling berterima kasih.” [RNF]