Berita

Parents Teaching Day (PTD): Loving Teachers is Loving Knowledge


Dalam rangka memperingati hari guru Nasional, Sekolah Dasar Islam Pembangunan (SDIP) mengadakan kegiatan Parents Teaching Day (PTD) pada Senin, 4/12/2023. Kegiatan yang mengangkat tema “Loving Teachers is Loving Knowledge” ini dirancang oleh komite SDIP beserta seluruh koordinator kelas. Parents Teaching Day (PTD) adalah suatu kegiatan edukatif dimana orang tua dari tiap-tiap perwakilan kelas menceritakan profesi mereka di hadapan para peserta didik. PTD ini bertujuan untuk memperkenalkan berbagai profesi kepada setiap peserta didik. Pada kesempatan kali ini, peserta didik SDIP mendapatkan berbagai wawasan profesi mulai dari Content Creator, Aviasi Engineer, Marine Surveyor, Jurnalis, dokter, Banker, Peneliti BRIN, Banker, Penata Pertamanan, dan Design Interior. Disamping itu PTD juga bertujuan untuk memperkuat salah satu profil lulusan SDIP yang berkarakter yaitu menghormati guru.

 

Pelaksanaan

Setiap kelas terdapat dua sesi selama 45 menit untuk setiap sesinya. Selama pelaksanaan berlangsung, para peserta didik tampak sangat antusias dengan kegiatan PTD ini karena merasakan adanya suasana baru dengan kehadiran orang tua sebagai guru tamu (guest teacher) di kelas. Para peserta didik juga dapat merasakan pengalaman belajar secara langsung dari sosok yang ahli dibidangnya. Setelah sesi PTD selesai, orang tua, guru, staf, peserta didik, dan seluruh perwakilan orang tua murid berkumpul di diorama lantai 2 SDIP untuk merayakan hari guru.

 

Bunda Alula dan Bunda Chayla selaku MC memandu acara dengan sangat meriah. Pada kesempatan ini Ketua komite SDIP, Bunda Mia, menyampaikan sambutan dan ucapan terima kasih kepada para guru atas dedikasi yang diberikan dalam mengawal pendidikan peserta didik di sekolah. Selanjutnya, Bapak Asep Muttaqin Abror, M.Pd. sebagai kepala SDIP berkesempatan mengucapkan hari guru kepada seluruh orang tua sebagai guru pertama bagi setiap anak dan juga mengucapkan hari murid di hari guru. ‘Karena murid adalah salah satu alasan bagi setiap guru untuk terus belajar dan menempa diri,’ tambahnya. Diakhir sambutan Bapak Asep mengajak kepada seluruh civitas akademika SD Islam Pembangunan beserta seluruh orang tua untuk menjadi super team dalam mengawal pendidikan dan masa depan para peserta didik. Selanjutnya sebagai penutup yang mengharukan, setiap peserta didik bersama orang tua mempersembahkan bunga dan nyanyian di hadapan Bapak Ibu guru.

 

“Kegiatannya seru dan menarik sekali, bisa melihat Ayah Bunda mengajar di kelas, terus respon anak-anak juga luar biasa semangatnya. Saya juga merasa terharu dengan antusiasme para orang tua yang telah menyiapkan acara seperti ini untuk seluruh guru dan staf di SDIP. Terima kasih Ayah, Bunda, dan anak-anak hebat atas kasih sayang dan perhatian yang telah diberikan untuk kami”, ujar Ms. Sekar guru kelas 1. Selamat hari murid di hari guru anak - anak hebat. Terima kasih sudah membuat kami terus belajar dan bahagia setiap harinya. We love you. (RNF)