Berita

English and Arabic Class Meeting (EACM): Bullying, Go Away!


Dalam rangka menutup rangkaian agenda akademik pada semester I dan sekaligus sebagai penyegaran bagi para peserta didik setelah menyelesaikan rangkaian Sumatif Akhir Semester (SAS), Sekolah Dasar Islam Pembangunan (SDIP) mengadakan kegiatan English Arabic Class Meeting (EACM) pada hari Selasa dan Rabu 5-6/12/2023. Kegiatan yang mengangkat tema ‘Bullying, Go Away!’ ini diketuai oleh Ms. Risma dan didukung oleh seluruh civitas akademika SDIP. Kegiatan EACM ini bertujuan untuk menguatkan profil lulusan sekolah yang berkarakter, yaitu: menghormati diri sendiri dan orang lain; terbiasa berkomunikasi dengan menggunakan bahasa asing (English dan Arabic), serta mampu berkomunikasi dengan siapapun. Selain itu, EACM juga bertujuan agar peserta didik dapat mengenal satu sama lain dari semua level kelas.

 

Pelaksanaan

EACM dilaksanakan selama dua hari. Ms. Tuhfa dan Ms. Nisa selaku MC memandu agenda selama dua hari dengan sangat meriah. Mulai dari pembukaan yang diawali dengan mini drama oleh karakter Irsyad dan Jojo yang menceritakan tentang fenomena bullying yang mungkin terjadi. Selanjutnya, sambutan dari Bapak Syukri Rifa’i, S.Pd.I sebagai wakil kurikulum SDIP dan dilanjutkan dengan Ms. Risma yang menekankan kembali magic sentences yang sudah mereka sepakati bersama sebelum memulai EACM diantaranya; 1. Be nice!; 2. Say good words!;  3. Respect each other!; dan 4. Work together!. Setelah itu seluruh peserta didik dan civitas akademika SDIP menyanyikan jingle EACM bersama yang berjudul Bullying, Go Away!. Terdapat 3 permainan yang dilaksanakan pada EACM, diantaranya: Complete the mission, What am I?, dan tajmi’ul buruj (membangun menara). Semua permainan diselesaikan secara berkelompok. Setiap kelompok terdiri dari campuran peserta didik lintas kelas mulai dari kelas 1 sampai 4. Bentuk pengelompokan ini merupakan bagian dari program unggulan SDIP yaitu Buddy in School (BIS) yang bertujuan untuk membangun atmosphere harmonis di lingkungan sekolah. Sehingga diharapkan peserta didik lintas kelas bisa saling menghargai dan menghormati. 

 

Refleksi EACM kali ini dilakukan oleh seluruh peserta didik yang berkomitmen untuk tidak melakukan bully dengan melakukan hand stamp secara bergantian. Kegiatannya seru dan menyenangkan sekali. Lagu yang diciptakan tim EACM pun mudah dihafal peserta didik jadi pesannya mudah diterima setiap peserta didik. Selain itu juga kegiatan seperti ini dapat meningkatkan sikap peduli kepada teman sebaya, kakak, dan adik kelasnya. “Mudah-mudahan ada kesempatan di lain waktu nanti kita semua bisa nonton bareng film yang bertemakan bullying”, ujar Ms. Dias guru BK. Seluruh rangkaian acara dari mulai pembuka sampai penutup berjalan dengan lancar, seluruh peserta didik senang, dan orang tua juga mengapresiasi kegiatan ini. Semoga agenda EACM tahun ini bisa menginspirasi setiap peserta didik untuk menjadi pribadi yang berkarakter unggul. (RNF)