Berita

English Class Meeting (ECM) : Mempertajam Karakter Peserta Didik


Tangerang Selatan - SDIP News : Seluruh peserta didik bersama dewan guru SD Islam Pembangunan (SDIP) melaksanakan kegiatan English Class Meeting (ECM). Kegiatan yang diketuai oleh Ibu Qotrun Nada ini dilaksanakan pada 12-13/12/2022 yaitu tepatnya setelah peserta didik melewati masa pembuatan project selama satu bulan dan Penilaian Akhir Semester (PAS) ganjil. Kegiatan yang dilaksanakan satu tahun dua kali ini mengangkat tema We are one. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menguatkan profile lulusan peserta didik SDIP yang berkarakter yaitu: 1. Menghormati diri sendiri dan orang lain, 2. Terbiasa berkomunikasi dengan siapapun, dan 3. Terbiasa berkomunikasi dengan menggunakan bahasa asing. Di dalam ECM, aplikasi penguatan tiga profile lulusan tersebut tercermin dalam karakteristik kegiatan yang didesain. 


Karakteristik 1: Eksplorasi Bahasa Inggris

Berbagai kegiatan ECM yang dirancang baik itu di hari pertama maupun hari kedua memberikan tantangan kepada setiap peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan bahasa asing. Hal ini tercermin dalam instruksi yang diberikan oleh mentor, interaksi antar mentor dengan peserta didik maupun jenis-jenis permainan yang dihadirkan dalam program ECM. Melalui langkah-langkah ini diharapkan budaya penggunaan bahasa asing di SDIP semakin kuat posisinya. Dengan demikian peserta didik diharapkan semakin terbiasa  dan percaya diri berkomunikasi dengan bahasa asing.

Karakteristik 2: Program yang Terintegrasi 

Agar pembelajaran yang sudah dilalui oleh para peserta didik semakin kokoh, bermakna dan membekas, kegiatan ECM diintegrasikan dengan project yang sudah dilalui oleh para peserta didik pada kegiatan Integrated Project Based Learning (I-PjBL). Adapun jenis project yang sudah dilalui oleh peserta didik pada semester 1 ini adalah; Kelas 1 mengerjakan Science Project tentang hidup sehat sementara Kelas 2 dan 3 mengerjakan Social Project mengenai Anti Bullying. Dua project ini kemudian menjadi warna dan konten pada berbagai jenis permainan yang dihadirkan dalam ECM. Permainan-permainan tersebut kemudian dipecahkan bersama oleh tiap-tiap kelompok dimana setiap kelompok terdiri dari peserta didik yang berasal dari berbagai tingkatan kelas. Sehingga dengan demikian diharapkan terjadinya penguatan konsep yang sudah dipelajari, terjadinya transfer pengetahuan antar peserta didik lintas kelas, terciptanya kolaborasi dan komunikasi, terjalinnya hubungan harmonis dan saling menghargai satu sama lain, serta terbentuknya kebersamaan dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi, together as one. 


Semoga kegiatan ECM yang sudah dilaksanakan mampu memberikan pengalaman belajar yang berharga dan bermakna bagi seluruh peserta didik SD Islam Pembangunan (SDIP). (ama)