Berita

Melukis di Canvas Digital: Membangun Semangat Kolektif



Tangerang Selatan 2021: Seluruh peserta didik Sekolah Dasar Islam Pembangunan (SDIP) turut memeriahkan kemerdekaan RI ke 76 dengan mengikuti kegiatan ‘Leadership Challenge’. Kegiatan yang di rancang dan di desain oleh tim guru SDIP ini dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2021 secara virtual. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatih dan membangun skill kepemimpinan dalam kelompok. Disamping itu kegiatan ini juga bertujuan untuk melatih skill berkomunikasi, berkolaborasi, berkoordinasi antar sesama anggota dalam menuntaskan suatu project bersama.


Video Discussion

Kegiatan diawali dengan menyaksikan video secara bersama-sama mengenai detik-detik peringatan HUT RI ke 76 yang dilaksanakan di Istana Negara RI. Didampingi oleh guru-guru SDIP, para peserta didik mendapatkan penjelasan mengenai perayaan HUT RI yang dilaksanakan setiap tahun. Agenda dilanjutkan dengan ‘Leadership Challenge’ yaitu melukis secara digital.


Melukis di Canvas Digital

Kegiatan melukis secara digital diawali dengan pembagian kelompok seluruh peserta didik kedalam breakout room. Selanjutnya setiap guru memberikan penjelasan mengenai mekanisme melukis secara digital secara bersama-sama. Selama kegiatan berlangsung, ketua kelompok dibawah arahan masing-masing guru berupaya untuk me-leading proses melukis. Tampak setiap peserta didik, selama proses melukis saling menyumbang goresannya pada satu bidang canvas virtual. Selama proses berlangsung, komunikasi dan koordinasi antar sesama peserta didik  terus terbangun dan berkembang. Pada kegiatan kali ini, masing-masing kelompok ditantang untuk menghasilkan lukisan yang menggambarkan perayaan HUT RI ke 76.


Makna Leadership Challenge

Tentunya kegiatan ini bukan untuk memilih mana lukisan terbaik akan tetapi kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan membangun semangat kolektif antar peserta didik dalam rangka menyatukan ide dan gagasan dalam menghasilkan suatu karya. Tentunya melalui semangat kolektif, suatu tujuan besar bisa diraih dengan mudah. Sepertihalnya Kemerdekaan RI yang merupakan tujuan kolektif para pahlawan yang berhasil direbut dari penjajah.

Disamping itu berbagai lukisan yang dihasilkan merupakan gambaran indah sebuah proses berfikir setiap peserta didik dalam hal kerjasama. Tentunya setiap proses pikir yang dilalui oleh setiap peserta didik harus dihormati dan dihargai. Maka dari itu di kegiatan ‘Leadership Challenge’ ini tidak ada lukisan yang buruk yang ada adalah keindahan proses berfikir seorang anak yang berusia lima sampai tujuh tahun. MERDEKA!!!