Berita

Praktik Shalat Secara Virtual di Tengah Pandemi


SDIP News, 05 Maret 2021: Bagai berlayar di tengah derasnya ombak lautan, meski dalam kondisi yang kurang memungkinkan, namun kita harus tetap  mengajarkan anak-anak kita ilmu agama dengan penuh keyakinan. Seperti inilah gambaran situasi sekarang di dunia, yang mendasari SDIP melakukan sebuah kegiatan yang sangat bermakna yaitu "Praktik Shalat Virtual".


Shalat merupakan ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim di dunia setiap hari. Bagaimana tidak, karena shalat merupakan ibadah paling pertama yang akan kita pertanggungjawabkan laporannya, langung kepada Allah Swt di Yaumul Hisab nanti.


Pandemi bukanlah halangan bagi kita untuk mengajarkan Shalat kepada sang buah hati, berbagai cara harus kita lalui untuk memberikan bekal yang sangat penting ini bagi kehidupan mereka di dunia dan akhirat nanti. SDIP dengan semua konsep dan persiapan yang dimiliki, mengadakan kegiatan yang penuh arti ini dipimpin oleh Ust. Yogi Sulaeman, Lc., S.Kom.I.


Kegiatan ini diadakan dalam waktu yang berbeda, pertama diadakan tanggal 1 Maret 2021, dan kedua diadakan tanggal 3 Maret 2021. Dengan membagi jama'ah menjadi dua grup kecil, kegiatan shalat ini bisa berjalan sangat baik dan lancar, bahkan meski menggunakan metode virtual atau online via aplikasi zoom sekalipun.


Setiap grup memiliki petugas shalatnya masing-masing yang terdiri dari; Imam Shalat, Petugas Iqomah, Pembaca Do'a, dan Koordinator Jama'ah. Pembagian tugas ini juga memberikan dampak sangat positif bagi keberlangsungan "Praktik Shalat Virtual", sehingga kegiatan pun berjalan sangat kondusif sampai selesai.


Kegiatan "Praktik Shalat Virtual" ini selain bertujuan untuk mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai keislaman kepada mereka, juga mengajarkan keberanian dan tanggung jawab dalam kehidupan mereka. Karena bagi mereka yang terpilih sebagai petugas shalat, ini bisa dijadikan sarana untuk mengasah keberanian mereka. Dan nilai dari shalat itu sendiri, mengajarkan mereka tanggung jawab pada setiap ibadah yang mereka lakukan sehari-hari, dan juga pada setiap kegiatan di kehidupan mereka masing-masing.


Seluruh peserta terlihat sangat bersemangat, antusias, dan bahagia mengikuti kegiatan "Praktik Shalat Virtual" ini. Kegiatan ini pun mendapat apresiasi dari para orang tua; "Alhamdulillah sangat bagus dengan adanya praktek shalat langsung dengan Mr.Yogi, walau online tetap bisa praktek bersama". Ungkap Ibu Retno selaku Koordinator Komite di SDIP. "Alhamdulillah terimakasih Mr.Yogi atas kepercayaannya, Abiyyu sangat senang terpilih menjadi imam dan mengikuti kegiatan ini". Ungkap Ibu Hartika selaku salah satu orang tua peserta didik di SDIP.


Wallahu A'lam bish-showaab.



"Inti segala perkara adalah Islam, dan tiangnya merupakan Shalat"



(HR. Tirmidzi no. 2616 dan HR. Ibnu Majah no. 3973)