Berita

PPDB SDIP: Tim MIR Madrasah Mewawancara Para Calon Orang Tua Peserta Didik Baru SDIP


Tangerang Selatan, 5 Desember 2020: Tim pewawancara Multiple Intelligences Research (MIR) mewawancara para calon orang tua peserta didik baru SDIP pada hari Sabtu, 05/12/2020 secara virtual. Ibu Indri, Ibu Sri, dan Ibu Anita menjadi pewawancara  MIR. Wawancara MIR ini dilaksanakan setiap tahun bagi para calon orang tua baru beserta peserta didik baru.



Wawancara MIR tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena wawancara MIR ini dilakukan secara virtual dimana yang diwawancara adalah orang tuanya. Sementara untuk peserta didik baru akan diwawancara secara tatap muka dengan mempertimbangkan  perkembangan Pandemi Covid-19.


Jalannya Wawancara

Setiap orang tua masuk ke ruang zoom berdasarkan waktu yang sudah ditetapkan yang tercantum pada kartu peserta ujian PPDB. Selanjutnya panitia PPDB yang bertindak selaku host memasukan calon orang tua ke breakout room para pewawancara MIR. Selanjutnya Tim pewawancara bertanya seputar delapan kecerdasan para peserta didik; linguistic, natural, logic-matematik, spasial, interpersonal, intrapersonal, musical, dan kinestetik.


Tujuan dilaksanakannya wawancara MIR adalah untuk memotret delapan kecerdasan menurut pakar Multiple Intelligence, Howard Gardner. Delapan kecerdasan ini yang kemudian akan terpetakan mulai dari kecerdasan yang dominan sampai pada kecerdasan yang belum terstimulus.


Hasil dari wawancara MIR akan menjadi sumber bagi sekolah (guru) dalam menyesuaikan gaya mengajar dengan gaya belajar siswa. Sementara bagi orang tua, hasil dari test MIR ini akan digunakan sebagai panduan pola asuh berdasarkan rekomendasi dari hasil kecerdasan yang terpetakan. Panduan pola asuh ini terkumpul dalam satu buku yang akan diberikan kepada masing-masing orangtua.