Berita

SAMSUNG Generative AI Workshop, Belajar Bersama Guru-Guru Hebat


Dalam rangka mendukung program pembelajaran berbasis digital, Sekolah Islam Pembangunan (SIP) dan Madrasah Pembangunan (MP) mengikuti workshop yang bertemakan “Generative AI” yang bekerja sama dengan Samsung Electronics Indonesia. Workshop  yang diselenggarakan pada Rabu (17/01/2024) ini diikuti oleh beberapa perwakilan guru dari Sekolah Islam dan Madrasah Pembangunan. Bagi SD Islam Pembangunan (SDIP) sendiri, kegiatan ini sangat positif karena mendukung penguatan visi dan misi serta profil lulusan sekolah dalam hal kecakapan digital.

 

Bayu Aji Nugraha sebagai keynote speaker sekaligus sebagai perwakilan dari Samsung Academy menyampaikan bahwa tujuan diadakannya workshop ini adalah untuk memberikan edukasi kepada tenaga pendidik untuk dapat memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam proses pembelajaran sesuai kondisi dan kebutuhan peserta didik di kelas. Beliau juga memaparkan bahwa beberapa generative AI yang dapat digunakan dalam dunia pendidikan, antara lain ChatGPT, Class Point, DELL-A, dan Microsoft 365. Teknologi AI memudahkan tenaga pendidik terutama dalam membuat media ataupun materi pembelajaran sehingga dapat lebih efisien dan menarik tentunya dalam proses belajar mengajar di kelas.

Sementara itu Direktur Pendidikan Yayasan Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. H. Fauzan MA, berpesan kepada semua guru-guru untuk memanfaatkan Teknologi AI pada pembelajaran. Direktur juga menekankan kepada para guru untuk tetap terus mengasah kreativitas dalam mendidik para siswa dan mengedepankan keseimbangan layanan antara pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran dengan penguatan karakter peserta didik. Disamping itu guru-guru harus tetap ber tabayyun terhadap segala informasi yang diperoleh dari berbagai sumber pemanfaatan teknologi AI, tambahnya.

 

Kurikulum SDIP sudah dirancang sedemikian rupa sehingga peserta didik mendapatkan skill kecakapan digital. Disamping itu, berbagai fasilitas digital mulai dari tablet sampai pada berbagai sumber belajar digital baik itu yang dirancang dan dibuat oleh guru maupun dari luar sudah disiapkan. Diharapkan dengan adanya kegiatan Generative AI Workshop ini, para guru semakin semangat dalam mengembangkan diri agar memiliki kecakapan digital. Semoga juga sekolah khususnya dapat memperkaya fasilitas terkait aplikasi-aplikasi berbasis AI dimana semua fiturnya dapat dengan bebas digunakan dan dieksplorasi oleh para guru secara maksimal dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). [RNF]