Berita

Virtual Drama : Menyiapkan Mental Menyambut Ramadhan Dengan Penuh Suka Cita


Marhaban yaa Ramadhan… Marhaban yaa shahru-sh-shiyaam…



SDIP News, 08 April 2021: Puji syukur kehadirat Allah Swt. sebentar lagi kita akan dipertemukan kembali dengan bulan yang istimewa untuk umat Islam, bulan suci Ramadan.


Memperkenalkan dan mencontohkan hal-hal serta kebiasaan-kebiasaan yang baik adalah salah satu bagian penting dari pendidikan dan pengajaran. Sekolah Dasar Islam Pembangunan (SDIP) dengan seluruh staf pendidiknya selalu berikhtiar untuk menanamkan bagian penting tersebut kepada seluruh peserta didik. Virtual Drama adalah salah satu dari upaya ikhtiar kami. Dengan mengusung 2 tema drama, yaitu “Ramadhan Bulan Penuh Ampunan” dan “Puasa Tetap Semangat dan Ceria”, peserta didik diajak untuk mengenal dan mendalami hal-hal baik serta teladan dalam Islam yang telah tertulis di Alquran dan dicontohkan oleh para Nabi. Hal ini pun selaras dengan upaya untuk menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan baik peserta didik selama bulan Ramadhan di rumah masing-masing dengan keluarganya ataupun pada proses pembelajaran melalui zoom.


Berbekal kostum terbaik sesuai peran masing-masing dan kepercayaan diri yang tinggi, pementasan virtual drama diawali dengan perkenalan dari masing-masing grup oleh perwakilan peserta didik. Mereka pun menunjukkan kebolehannya dalam beradu peran. Ada yang sangat menghayati perannya saat menangis, ada yang berperan seperti seorang Ibu sungguhan sambal membawa bakul nasi. Semuanya ceria dan memukau.


Menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami bahwa acara Virtual Drama yang dilaksanakan pada hari Kamis, 8 April 2021 ini juga dihadiri oleh Wakil Direktur MP Bapak H. Djamaluddin, M.Pd., Kepala TKIP Ibu Hj. Ratu Linda Martina, ST, MM., para Kepala Bagian di lingkungan MP, Koordinator Komite Unit SDIP Ibu Retno Endah Dwi Santi, S.I.Kom. beserta jajarannya, Ayah Bunda Peserta Didik SDIP dan Calon Peserta Didik SDIP.


Apapun yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan seseorang bukanlah hasil dari sebuah usaha dalam sehari, melainkan sebuah konsekuensi dari waktu yang panjang dan energi yang tidak sedikit. Segala kebiasaan yang kita temukan dalam diri kita hari ini dapat dengan mudah ditelusuri dari kebiasaan-kebiasaan kita sejak kecil atau kebiasaan-kebiasaan di masa lalu. Kebiasaan ini sesederhana meminum segelas kopi di pagi hari atau memulai hari dengan 1 lembar bacaan Alquran. Begitu juga dengan kebiasaan-kebiasaan baik yang akan dengan mudah dilakukan saat dewasa jika ditanamkan sejak usia yang sangat dini.


“We are what we do repeatedly”. Semoga saja dengan ikhtiar-ikhtiar yang telah diupayakan di SDIP selama ini, begitu juga dengan kegiatan Virtual Drama dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan, dapat menguatkan pembiasaan anak-anak kita untuk dekat dengan kebaikan dan akhlaqu-l-kariimah di bulan Ramadan maupun di bulan-bulan lainnya. Akhirnya, bulan Ramadhan menjadi salah satu momen yang juga akan selalu dinantikan dan diharapkan oleh anak-anak kita hingga dewasa kelak. Aaamiinn. (rs).